0
Dikirim pada 03 Mei 2015 di Uncategories

Sebagai kota kelahiran dari salah satu pahlawan wanita Indonesia R.A Kartini, Jepara memiliki magnet tersendiri yang dapat mengundang wisatawan untuk datang ke kota ini. Nah, jika kamu ingin berlibur sambil menambah pengetahuanmu tentang sejarah Indonesia, ngga ada salahnya untuk mengunjungi Jepara dan menikmati objek wisata yang tak kalah menarik dari kota lainnya di Indonesia.


 


1. BENTENG PORTUGIS


 


Benteng Portugis berada di desa Banyumanis kecamatan Keling di ujung utara kota Jepara kira- kira berjarak sekitar 45 km. Perjalanan menuju lokasi wisata ini dari pusat kota Jepara membutuhkan waktu cukup lama sekitar 60 menit.


 


Pemandangan di sekitar benteng Portugis sangat indah. Kita dapat melihat jajaran pegunungan yang terbentang hijau menghiasi wilayah ini. Di Benteng Portugis ini terdapat pantai pasir hitam yang menjadikan tempat ini mempunyai ciri khas tersendiri berbeda dengan pantai pada umumnya di daerah Jepara.


 


Untuk menuju Benteng Portugis bagian atas atau bukit kita bisa menaiki beberapa anak tangga yang cukup membuat tenaga terforsir. Bukit Benteng Portugis atau bagian atas benteng ini berbentuk persegi dan sangat sederhana. Di bagian tempat ini terdapat dua buah meriam peniggalan zaman penjajahan Belanda yang menghadap ke arah laut.


 


2. MUSEUM R.A KARTINI


 


Museum R.A Kartini terletak di pusat kota atau tepatnya di sebelah utara alun-alun kota Jepara. Museum RA Kartini termasuk jenis museum umum, sekaligus sebagai Objek Wisata sejarah yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara selaku Dinas Teknis yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah.


 


Museum ini dibuka setiap hari dan sering dikunjungi para wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Museum RA Kartini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo, SH, sedangkan peresmiannya dilakukan pada tanggal 21 April 1977 oleh Bupati KDH Tingkat II Jepara, Soedikto, SH.


 


 


Tujuan didirikan museum ini adalah untuk mengabadikan jasa-jasa perjuangan RA Kartini dengan cara mendokumentasikan, memamerkan, dan memvisualkan benda-benda bersejarah peninggalan milik kakak kandungnya serta benda warisan budaya lainnya yang banyak ditemukan di daerah Kabupaten Jepara. Gedung museum ini dibangun di atas lahan seluas 5.210 m2 dengan luas bangunan 890 m2.


 


3. PULAU PANJANG


 


Pulau Panjang merupakan pulau berpantai landai dan berpasir putih dan terdapat di sebelah barat Pantai Kartini yang berjarak sekitar 1,5 km. Pohon-pohonya yang tinggi sangat menarik bagi berbagai jenis burung (camar, bangau, blekok) untuk tinggal dan berkembang biak.


 


Pengunjung dapat mengelilingi pulau dengan berjalan menyusuri pantai atau menyusuri jalan (paving block) sambil menikmati pemandangan di kanan kiri. Selain itu, pantai berpasir putih dan laut dangkal dengan terumbu karang juga merupakan pemandangan yang cukup menarik, terutama bagi yang suka mancing dan mandi laut.


 


Di Pulau Panjang juga terdapat makam tokoh islam (seorang guru), Syeikh Abu Bakar namanya. Terdapat pula mercusuar yang sampai sekarang masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal yang mengarungi Laut Jawa.


 


4. KARIMUN JAWA


 


Karimun Jawa terdiri dari 3 desa (Karimun, Kemojan dan Parang). Objek wisata Bahari ini merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di tingkat regional bahkan International. Karimun Jawa memiliki keindahan alam bawah laut yang alami dan sangat menakjubkan, dengan aneka jenis terumbu karang yang paling lengkap di dunia. Hamparan pasir putih di setiap pulau dari 27 pulau yang ada menjadikan Karimunjawa laksana surga bagi mancanegara maupun domestik.


 


 


5. PANTAI KARTINI


 


Objek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Pantai Kartini berada di kelurahan Bulu kecamatan Jepara dan merupakan objek wisata alam yang menjadi dambaan wisatawan. Berbagai sarana pendukung seperti dermaga, sebagian aquarium Kura-kura, motel, permainan anak-anak (komedi putar, mandi bola, perahu arus), dan lain-lain telah tersedia untuk para pengunjung. Suasana di sekitar pantai yang cukup sejuk memang memberikan kesan tersendiri buat pengunjung, sehingga tempat ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.


 


 


6. AIR TERJUN SONGGOLANGIT


 


Objek wisata Air Terjun Songgolangit ini terletak di desa Bucu kecamatan Kembang, 30 km sebelah utara dari kota Jepara. Air terjun ini mempunyai ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter. Menurut cerita, pengunjung yang cuci muka ataupun mandi di tempat ini akan terlihat awet muda.



Cari Informasi Wisata Pangandaran, Paket Wisata Pangandaran, Green Canyon, Batu Karas dan yang lainnya, segera buka www.mypangandaran.com


Dikirim pada 03 Mei 2015 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah Annisa Iqlima ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 6.078 kali


connect with ABATASA